MEMBUAT RUMAH DILAHAN MIRING

Posted by ReTRo


Sekedar berbagi pengalaman saja.
Al kisah beberapa waktu yang lalu diminta bantuan untuk merencanakan rumah sederhana, ingat pembaca sekalian rumah sederhana lho bukan rumah mewah. Walaupun rumah sederhana akan tetapi barang kali ada beberapa poin yang perlu digaris bawahi dan dijadikan pengalaman.
Baiklah pembaca sekalian lahan miring yang dimaksud bukalah miring secara vertical artinya tanah dengan perbadaan tinggi yang berbeda tapi yang dimaksud miring adalah dalam hal ini adalah tanah dengan bentuk tidak simetris boleh juga dikatakan tanah dengan bentuk tidak kotak lebih tepatnya lahan dengan bentuk trapezium. Nah tema kita pada tulisan kali ini berarti membuat rumah dilahan dengan bentuk tidak teratur.
Seberapa tidak teraturnya akan kita lihat denah lahan tempat didirikan rumah (lihat gambar49.1)
 Gambar 49.1 Denah Lahan Tempat Didirikan Rumah
Nah pembaca bentuk lahan kita ternyata trapezium.
Kita batasi hanya 3 hal yang dapat kita lakukan dengan lahan tersebut (walaupun tentu saja banyak hal yag bisa kita lakukan dengan bentuk lahan seperti di atas) :
1.Rumah kita dirikan dengan bentuk sesuai dengan lahan yang ada, berarti rumah kita berbetuk terapisum dengan menghabiskan lahan yang ada. Tanpa memperhatikan fasade atau perwajahan rumah anda dari depan maka ada beberapa hal yang patut anda pertimbangkan.
Beberapa hal yang bisa menjadi catataan:
1a.Dengan bentuk bagian depan yang miring tentu saja sulit dihasilkan tempak depan wajah dari rumah anda yang baik, alasanya sangat sederhana karena bagain depan memang sudah miring. Dari bentuk yang miring tadi akan menjadikan tampak depan wajah rumah anda yang miring juga.
1b.Dengan bentuk dasar rumah yang miring maka kensekwesninya juga akan dihasilkan atap yang miring juga. Atap yang miring selain tidak sedap dipandang mata pelaksanaan pembuatan atap sendiri juga sulit apa lagi jika penutup atap anda dari bahan genteng
1c.Lihat bagian depan yang berbentuk segi tiga, dengan bentuk bagian seperti itu seandainya didirikan rumah dengan bentuk seperti itu pun kemanfaatan ruanganya juga tidak optimal ….kenapa? ya karena dengan bentuk tersebut dihasilkan ruangan dengan sudut lancip(kurang dari 90 derajat) dan sempit pada ujung sudut lancip tersebut.
1d.Kebersihan ruangan yang sulit terjaga karena sudut lancip ruangan yang tidak dapat dijangkau alat kebersihan
1e.Pelaksanaan pekerjaanpadabagian sudut lancip itu tentusaja jadi sulit

2.Mendirikan rumah dengan betuk bujur sangkar, dengan bagian depan lurus sebagaimana garis putus-putus pada gambar 49.1
Beberapa hal yang bisa menjadi catataan: 
2a. Dengan bentuk bujur sangkar ini anda akan mudah membentuk tampak depan sesuai dengan keingginan anda dengan itu berarti keindahan wajah rumah anda dapat anda ciptakan dengan muadah
2b.Hanya saja dengan meluruskan area rencana rumah anda sesui dengan garis putus-putus sesuai dengan gambar 49.1 maka luar are arumah anda jadi berkurang

3.Mendirikan rumah dengan bentuk sebagaimana gambar 49.2
 Gambar49.2 Denah Rencana Pendirian Rumah 
Beberapa hal yang bisa menjadi catataan: 
3a.Tujuan utama dari pendirian rumah dengan rencana tata ruang seperti gambar 49.2 adalah untuk mengoptimalkan luas ruangan yang didapat.
3b.Lihat gambar 49.2 bagian depan, akan anda temukan bagian depan rumah yang seakan-akan terbagi menjadi tiga(kamar utaman, ruang tamu dan kamar tamu3x3). Nah tiga ruangan yang disebut tadi menjadi tidak rata, karena menyesuaikan dengan bagian depan lahan yang miring. Nah solusi dari bagian depan yang tidak rata tadi adalah atap seakan-akan dibagi menjadi 3 bagian. Lihat gambar 49.3,  gambar 49.4 dan gambar 49.5. Pada gambar 49.5 nampak sekali bahwa atap rumah tadi terdiri dari 3 bagian dengan masing-masing puncaknya juga tidak terdapat satu garis. Walaupun ada tiga macam atap dengan posisi dan ketingian yang beda-beda akan tetapi jika dilihat lewat bagian depan ketidak samaan atap tadi tidaklah Nampak lihat gambar 49.3 dan akan Nampak sekali pada gambar 49.4.
 Gambar 49.3 Prespektif Rumah 1

 Gambar 49.4 Prespektif Rumah 2

Gambar 49.4 Prespektif Rumah 3
3d. Keuntungan lain dari pemodelan rumah dengan tiga macam atap seperti di atas adalah pelaksanaan pekerjaan yang mudah, hal ini dikarenakan tiga bagian utama dari atap tadi ditumpu oleh 3 buah gunungan (bentuk segitiga dari pasangan bata) yang tentusaja dengan seperti itu tidak memerlukan kuda-kuda dari kayu maka berate hanya perlu gording, usuk dan reng saja sebagi rangka atap.

Catatan rumahdangriya:
Pembaca yang budiman, pada posting kali ini kita tidak membahas tata ruang, fungsi, maupun tampak dari bangunan itu sendiri. Yang menjadi pokok bahasan kita adalah pembuatan rumah pada lahan yang tidak simetris atau berbentuk trapezium, adapun tampak perwajahan dari rumah anda dapat anada sesuiakan dengan model yang anda kehedaki. Saya yakin anda dapat menciptaka bentuk yang lebih indah dari pada ilustrasi pada gambar kami di atas. Ini juga meruapak salah satu saja diantara metode mendirikan rumah dilahan yang berbentuk tidak simetris hanya saja semoga tulisan ini menjadikan inspirasi bagi anda atau siapa saja untuk mejadikan rumah anda sebagai surga bagia anda dan keluarga anda.
Seoga bermanfaat………………………………



{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

posts