Kata Hikmah Para Guru Sufi

Posted by Unknown

Para guru sufi telah banyak bersungguh-sungguh mendidik muridnya agar terjadi kedekatan kepada Allah swt. Dengan untaian kata hikmah para guru sufi dapat meluluhkan hati yang keras membatu dan memecahkan kesombongan yang tertancap di dada. Tiada kata hikmah yang dapat diberi kecuali semakin menambah kerinduan di hati.


Jangan pernah mengucapkan selamat tinggal, jika masih mau mencoba. Jangan pernah menyerah, jika masih merasa sanggup. Jangan pernah mengatakan tidak mencintainya, jika masih tidak dapat melupakannya.

Jika engkau menginginkan persahabatan dengan mereka para sufi, pertama kalian harus belajar bagaimana bertingkah laku di hadapan mereka. Kalau tidak kalian akan menyakiti diri sendiri, karena jalan para sufi adalah jalan yang paling lembut.

Cinta tidaklah mengajarkan kita bersikap lemah, namun cinta membangkitkan kekuatan. Cinta tidaklah mengajarkan kita menghinakan diri, tetapi cinta menghembuskan kegagahan. Cinta tidaklah melemahkan semangat, tetapi cinta mengobarkan semangat.

Jagalah kebersamaanya dalam segala hal. Jangan berbicara ketika para guru sufi sedang berbicara. Dengarkan apa yang mereka katakan dan jangan sekali-kali melihat apa yang mereka miliki di rumah, terutama di kamar dan dapurnya.

Para pencari harus berusaha untuk mematuhi perintah Allah, dan senantiasa berada dalam keadaan suci. Diawali dari hati yang bersih supaya tidak akan berpaling kepada apa pun selain Allah swt. Kemudian jagalah agar bagian dalam tubuh tetap suci, yaitu dengan cara melihat dengan pandangan yang benar.

Perasaan cinta itu diawali dari mata, sedangkan rasa suka diawali dari telinga. Jika ingin berhenti mencintai seseorang, cukup dengan menutup telinga. Tetapi jika mencoba menutup matamu dari yang kamu cintai, cinta itu akan berubah menjadi cucuran air mata sedih dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang sangat lama.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment