Perbedaan Bangsa Dengan Negara

Posted by Unknown

Sebagai rakyat indonesia kita penting untuk memahami apa itu bangsa dan apa sebenarnya pengertian negara. Perbedaan antara bangsa dengan negara dapat anda pelajari dalam artikel usaha sukses secara ringkas berikut ini :


Pengertian dari sebuah Negara merupakan suatu wilayah di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial maupun budayanya diatur oleh pemerintahan yang berada di wilayah tersebut. Selain itu negara juga ditandai dengan adanya pemerintahan, presiden, rakyat, peraturan dan undang-undang. Oleh karena itu syarat berdirinya sebuah negara harus memiliki wilayah, memiliki penduduk, memiliki pemerintahan dan adanya pengakuan dari negara lain.

Sedangkan bangsa tidak memerlukan pemerintahan, presiden, rakyat, peraturan dan undang-undang dan syarat lain yang ada dalam syarat berdirinya sebuah negara, karena bangsa merupakan sekumpulan besar manusia yang memiliki kesamaan dalam identitas, memiliki kesamaan dalam ras, budaya dan sejarah.

Misalnya sebagai contoh negara dan bangsa Indonesia. Pengertian dari bangsa Indonesia adalah setiap orang yang berada dalam satu wilayah Indonesia yang mempunyai ras dan sejarah yang sama. Sedangkan yang disebut dengan negara Indonesia adalah yang mengatur jalannya kehidupan bangsa Indonesia. Antara bangsa dan negara tidak bisa dipisahkan satu sama lain, semuanya saling berkaitan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment