Cara Mudah Merawat Anggrek

Posted by ReTRo

Untuk merawat anggrek kesayangan anda maka perlu diperhatikan beberapa hal dari mulai media tanam, jenis pot, penyiraman sampai dengan pemupukan. Untuk lebih jelasnya kita bahas cara merawat anggrek berikut ini :


Media tanam anggrek
Untuk media tanam anda bisa menggunakan sabut kelapa, arang kayu, pakis dan media yang lainnya dengan syarat tidak cepat lapuk, akar menempel dengan mudah, berongga untuk memudahkan sirkulasi udara dan dapat menyimpan zat hara. Media tanam bisa dimasukan kedalam pot berbahan tanah ataupun plastik.

Suhu lokasi anggrek
Sebenarnya anggrek bisa tumbuh di dataran tinggi maupun rendah, tapi paling baik tumbuh di dataran tinggi yang mempunyai suhu sekitar 23 derajat celcius dengan kelembaban udara sekitar 70%. Perlu diperhatikan juga sirkulasi udara harus terjaga dengan baik. Hindarkan angrek dari cahaya matahari langsung, sebaiknya pot diletakan dibawah pohon yang rindang. Karena jika terkena cahaya matahari langsung secara berlebihan maka daun akan menguning, sebaliknya jika kurang sinar matahari anggrek akan kurus dan mempunyai daun yang sempit.

Penyiraman anggrek
Untuk penyiraman bisa dilakukan satu atau dua kali sehari tergantung kondisi media tanamnya dan umur anggrek. Untuk anggrek muda memerlukan air lebih banyak daripada anggrek yang tua. Gunakan air yang bersih yaitu bebas dari zat kimia berbahaya dan penyiraman sebaiknya menggunakan sprayer.

Pemupukan anggrek
Gunakan pupuk cair sebagai pupuk daun dan pupuk NPK dengan takaran yang sesuai dengan umur anggrek. Pemupukan dilakukan seminggu sekali dengan dosis 1/2 sdt untuk 1 liter air. Gunakan sprayer untuk memberikan pupuk ke anggrek pada bagian daun dan akar.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

posts