Snot Pada Kenari

Posted by ReTRo


Ciri-ciri Kenari Terkena Penyakit Snot :
  • Burung kenari terlihat lesu (ngantuk)
  • Mata berair
  • Sering menggesek-gesekan paruh ke tangkringan
  • Muka dan mata terlihat bengkak
  • Burung kenari tidak napsu makan akibatnya lama kelamaan menjadi kurus dan Mati
Penanganan Snot
Karena merasa risi dengan mata yang berair kemudian burung menggaruk-garukkan ke tenggeran sehingga kulit sekitar mata lecet sehingga terjadi infeksi dan kemudian mengalami pembekakan. Penyakit ini sering terjadi pada kenari yang mengalami defesuensi vitamin A sehingga epitel disaluran pencernaan mudah rusak dan mudah dimasuki oleh mikro organisme.

Pengobatan dengan trimezyn tidak dapat menyembuhkan penyakit, sehingga obat tersebut mending tidak digunakan penyakit ini dapat disembuhkan dengan pemberian anti biotik yang tepat selama 3 sampai 5 hari. Penyakit ini dapat menular melalui pakan dan minuman yang terkontaminasi dengan mikroorganisme ini.

Burung yang sakit sebaiknya dipisahkan dengan burung yang lain, agar burung lain tidak tertular sebaiknya diberikan telur rebus dan sayuran setiap hari dan dijemur selama 30 menit. Untuk meningkatkan daya tahan burung agar tidak terserang penyakit snot, sebaiknya pada air minumnya diberi multivitamin yang mengandung vitamin A dosis tinggi dengan kurun waktu 2x seminggu.

Vitamin A akan menjaga kebutuhan epoyelium sehingga sulit dimasuki oleh bakteri






{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

posts